Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Ganti Domain Blog | Pengunjung Blog Langsung Anjlok

Dampak Ganti Domain Blog

Sedikit kesal dengan hari ini. Habis ganti domain blog. Karena kurangnya ilmu tentang dampak ganti domain, akhirnya saya sangat kaget setelah ganti domain blog. Banyak hal yang diluar perhitungan terjadi. Karena tidak ingin kalian mengalami hal yang sama dengan saya, maka saya share saja pengalaman ngeblog yang saya alami.

Berawal dari rasa kurang nyaman dengan alamat blog, akhirnya saya putuskan untuk ganti domain dengan harapan menjadi lebih sesuai dengan apa yang diinginkan.

Karena saat ini sangat mudah untuk mendapatkan domain blog yang murah, akhirnya saya langsung membeli domain baru. Dan selanjutnya saya pasang pada blog yang sebelumnya memang sudah memakai TLD.

Proses ganti domain cukup singkat dan proses penggantian domain selesai. Dan proses propagasinya cukup cepat. TIdak sampai 2 jam, domain sudah aktif. Dan itu tandanya blog saya secara otomatis sudah aktif kembali. Senang banget, dengan domain baru tentunya blog menjadi lebih keren.

Setelah blog aktif kembali, saya menemukan beberapa kejanggalan terhadap blog tersebut dan harus segera diperbaiki.

Dampak Ganti Domain Blog

Dan perlu diketahui, yang saya lakukan ini adalah mengganti domain dari TLD ke TLD lagi. Dan hal-hal yang saya rasakan setelah ganti domain akan saya ceritakan satu persatu agar kalian yang baca postingan ini tidak mengalami hal yang sama seperti saya.

Jika perlu, pertimbangkan kembali jika kalian berniat mengganti domain yang sudah lama kalian pakai dengan domain yang baru. Soalnya lebih banyak keselnya daripada manfaat ganti domain blog.

Cape ganti Permalink setelah Ganti Domain Blog

Hu Hu Hu…. Hal pertama yang membuat saya kesel adalah, semua permalink yang saya buat selama ngeblog tiba-tiba menjadi error semua. Tentu saja hal ini merupakan hal yang wajar. Namanya juga ganti alamat blog, ya pasti semua permalink menjadi error 404.

Dan yang paling bikin kesel adalah saya harus mengganti satu persatu link yang mati secara manual. Untungnya, artikel blog saya yang ganti domain tidak terlalu banyak. Masih ratusan artikel doang. Coba bayangkan jika blog yang sudah memiliki ribuan artikel, tentu ini akan membuat kita naik darah dan cape.

Karena permalink antar artikel sangat penting, mau ga mau saya jalani mengganti setiap lik mati secara manual. Disini saya mulai merasa sedikit ada penyesalan, karena mengganti link ini cukup melelahkan dan membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Indeks Ulang Sitemap Setelah Ganti Domain Blog

Saat memutuskan mengganti domain blog, banyak hal yang tidak saya pikirkan dengan baik. Saya pikir, jika masalah pengindeksan dari google saja bukanlah suatu masalah besar. Lumayan cepat karena saya mendaftarkan sitemap baru ke Google webmaster.

Selain mengirim sitemap baru, saya juga menghapus semua link artikel yang ada di webmaster untuk domain yang lama. Saya menghapus semua link blog lama agar blog baru tidak dianggap duplikat. 

Entah salah atau benar. langkah ini menyebabkan semua artikel yang sudah terindeks bahkan ada yang sudah menduduki pageone menjadi terhapus semua. Dan tentu saja ini sangat berpengaruh terhadap pengunjung blog.

Ganti Domain Blog Menyebabkan Kehilangan Pengunjung Blog

Karena posisi artikel di reset ulang, tentu saja semua artikel yang tadinya sudah menduduki peringkat yang cukup akan langsung menghilang dari peredaran. Tentu saja blog kita akan kehilangan banyak pengunjung. Bahkan sampai satu minggu, blog saya yang ganti domain belum bisa mengembalikan ¼ dari total pengunjung sebelum ganti domain.

Pengunjung blog dengan domain baru hampir menduduki angka nol. Karena semua artikel hilang semua dari pencarian google. Entah kapan bisa normal kembali. Semoga saja cepat kembali normal agar saya semangat lagi untuk ngeblog.

DA/PA dan Backlink langsung Mulai Dari Nol Lagi

Kalau ini ga kaget sih, semua DA/PA blog langsung reset kembali jadi nol. Wajar saja semua kembali nol, karena semua backlink yang selama ini kita bangun menjadi hangus. Dan kita harus merelakan semua jika berani memutuskan untuk ganti domain blog.

Sebenarnya ini sangat berat cuy, tapi mau gimana lagi. Saya sudah membulatkan tekad untuk ganti domain blog. Dan tujuan saya ganti alamat blog ini hanya untuk mendapatkan kebebasan dalam menulis dan mengisi blog dengan artikel.

Soalnya sedikit lucu, domain yang saya pakai pada blog yang baru ganti domain sangat mengarah ke niche blog. Dan saya jadi merasa kurang sreg juga dengan namanya. Ya sudahlah, akhirnya tetap teguh dan membulatkan tekad untuk ganti alamat dan nama blog. Walau resikonya harus memulai blog dengan DA/PA nol kembali.

Blog Tidak dikenali oleh Pengunjung

Saya ganti alamat blog tidak memberitahukan siapapun. Teman, saudara atau siapapun tidak mengetahui pergantian tersebut. Teman saya sampai WA, katanya blog saya hilang. Dia buka ga ketemu lagi. Ya iyalah…. Udah pindah coy, ketempat yang baru.

Sama dengan pembaca blog yang mungkin sudah sering mengunjungi blog tersebut. Mereka tidak akan menemukannya. Tapi ya sudahlah, tidak ada yang perlu kita sesali lagi.

Saya rasa cukup sampai disini dulu cerita dan keluhan saya saat ganti domain blog, semoga bermanfaat. Lain kali saya kita sambung lagi dan silahkan dampak ganti alamat blog yang pernah kalian alami. Terima kasih sudah berkunjung.


Posting Komentar untuk "Dampak Ganti Domain Blog | Pengunjung Blog Langsung Anjlok"