Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Ngeblog dan Berniat Menghasilkan Uang dari Adsense

Kisah Ngeblog dan Berniat Menghasilkan Uang dari Adsense

Hallo guys… Kadang manusia harus mau menerima nasib dan perbanyak sabar. Habis kerja beberapa bulan, dan saya balik nganggur lagi bro. Dan selama menjadi pengangguran, saya cuma main sama anak dan sebagian besar saya habiskan nongkrong depan Laptop. Semakin lama depan laptop, bukannya tulisan semakin banyak. Malah semakin amburadul.

Blog yang saya kelola belum mampu mencukupi kebutuhan. Dan untuk mengurus blog, saya butuh kopi dan rokok. Makin puyeng aja dah.

Dan akhirnya, daripada otak saya makin kusut. saya menulis postingan ini untuk menghilangkan rasa penat. Mau nulis tentang hal lain, kayaknya otak saya lagi kena karantina. Jadi agak terbatas pergerakannya.

Daripada terus bahas curhatan saya yang ga jelas, mendingan kita bahas blog saya yang belum menghasilkan ini. Jadi saya mau ceritain awalnya blog ini sampai sekarang. Dan semoga cerita ini bermanfaat.

Kisah Ngeblog Berawal Dari Blogspot

Saat masih aktif jadi ojek online, saya sering BT saat nunggu orderan. Apalagi jika sampai berjam-jam. Makin pusing aja kepala. Soalnya saya ga punya hobby. Berbeda dengan teman ngebid lainnya. 

Ada yang Nyanyi-nyanyi dan sebagian besar main game online. Maklum anak muda. Eiits… bukan berarti saya tua ya….. Sehingga mereka sibuk dengan kegiatan masing-masing. 

Sementara saya yang ga ada hobby, hanya menikmati kopi sambil melototin layar HP. Dan makin lama, otak saya makin kusut karena orderan ga kunjung tiba.

Dan karena iseng, googling sana sini dan saya mampir ke sebuah blog yang saat itu menceritakan bagaimana dia bisa menghasilkan uang dari blogger. Dan tentu saja saya tertarik.

Dengan modal android, saya mulai nyari tutorial untuk memulai membuat blog. Dan akhirnya saya memberanikan diri membuat blog. Sayang saya udah lupa blog apa saja yang sering saya kunjungi. Dan yang paling saya ingat adalah blog mas sugeng. Dan sampai sekarang saya masih sering bolak-balik ke blog tersebut. Sugeng.id nama blognya. Silahkan bagi kalian yang ingin mencoba melihatnya.

Dan terciptalah blogspot saya yang gratis. Dulu nama blog ini masih blogspot.com sebagai blog gratis yang setia menemani saat saya nunggu orderan. saya menulis postingan seputar dunia ojek online karena saat itu saya adalah ojol full time. saya dan keluarga hidup dari hasil ngebid saya.

saya emang ga rutin nulis, tapi setiap hari buka tuh blog. saya belajar setting tampilan blog biar agak keren. Setting sana sini dan jarang nulis artikel. Tapi lama kelamaan saya bosan ngerubah tampilan blog mulu. Dan saya perlahan-lahan lebih fokus ke nulis artikel.

Kayaknya saya mulai ngeblog awal 2019. dan sampai sekarang masih setia dengan blogger sebagai tempat saya menulis. Walau sudah ada blog yang memakai wordpress, saya tetap lebih suka blogger.

Bulan kedua ngeblog, saya beli domain Blog

Namanya juga blogger pemula. Lebih banyak baca teori daripada praktek menulis. Saat googling sana sini, muncul ide untuk membeli domain agar terlihat lebih profesional dan saya ga tau fungsi lainnya atas domain yang saya pengen beli.

Dari hasil googling, Akhirnya saya putuskan untuk membeli domain di Niagahoster. Dan akhirnya saya pindahkan blogspot saya ke domain yang sekarang ini.

Proses perpindahan blogspot ke domain yang baru saya beli hanya bermodalkan nekad dan tutorial yang niagahoster dan Alhamdulillah berhasil walau sedikit membuat kepala sedikit pusing.

Dengan alamat blog baru, saya mulai sedikit rajin posting artikel. Tapi ngasal aja asal tulis apa yang saya ketahui tentang dunia ojek online. Tidak ada riset-riset keyword atau menggunakan tools apapun. Semua berjalan apa adanya. Intinya saya punya hobby baru yang bisa menghilangkan rasa jenuh saat sedang menunggu  orderan.

Mulai daftar Adsense untuk Menghasilan Uang dari Blog

Kebanyakan googling juga bahaya ya. Jadi banyak maunya. Salah satu keinginan saya saat itu ingin pasang iklan di blog biar bisa berpenghasilan. Dan salah satu yang saya lirik adalah adsense. Dan saya pun langsung daftar. Dan seperti biasa kaya blogger pemula lainnya, saya selalu ditolak oleh adsense. 

Demi dapat menayangkan iklan, saya putar haluan daftar adnow untuk menampilkan iklan. Dan saya berhasil bro… Seneng banget dah

Dan saat iklan adnow udah tayang, saya mengelus dada melihat pendapatanya. Masa iya dapanya 0,001 dollar atau berapalah. saya udah lupa. Kalo begini caranya, kapan saya naik hajinya. Iyakaaan ??

Berarti saya harus tetap daftar adsense biar saya punya penghasilan yang memadai. Dan saya mulai bergerilya kembali untuk mencari tutorial bagaimana caranya agar blog saya bisa keterima. Dan saya ga pernah menyerah untuk mendaftar kembali sambil saya update blog. Setelah beberapa kali daftar, saya tetap ditolak oleh adsense. Dengan berbagai alasan yang menurut saya ga jelas.

Dari hasil googling, saya menemukan bahwa template blog mempengaruhi hasil saat daftar adsense. saya percaya ???

Tidak semudah itu saya percaya atas yang saya baca  dari internet. Tapi saya mau membuktikannya. Karena saya butuh bukti, bukan janji.

Mulai lirik Template Blogger Premium Blogger

Belum bisa mendapatkan akun adsense membuat saya semakin penasaran. Seperti apa sih pendapatan menjadi publisher adsense. Berbekal hasil googling, saya mencoba membuktikan jika template premium mempengaruhi hasil saat mendaftar adsense. Dari berbagai sumber yang saya baca, akhirnya mantapkan hati dan meminang mas sugeng. Template premium mas sugeng maksudnya… Bukan orangnya. Ntar malh dikira saya suka main pedang.

Tanpa basa basi, saya langsung otewe blog mas sugeng terus order. Proses cepat ga pake ribet dan saya sudah mendapatkan template Viomagz dari mas sugeng. Dan senangnya hati ini.

Selesai pasang template, edit-edit warna sedikit dan menambahkan kelengkapan untuk daftar adsense, saya langsung meluncur daftar adsense kembali. Dan hasilnya, saya langsung diterima dan bisa menayangkan iklan. 

Entah secara kebetulan atau memang ada pengaruh template, yang jelas saya bisa membuktikan bahwa yang saya baca ada benarnya. Template blog ternyata bisa mempengaruhi dan memperbesar kesempatan untuk diterima adsense. Tapi ini bukan jaminan ya, cuma ikut membantu saja.

Dengan template premium tentu akan membuat kita untuk menata blog menjadi lebih rapi, lebih cepat dan tampilan blog menjadi lebih enak untuk dilihat. Walau template yang saya pakai adalah template sejuta umat, tapi saya tetap bangga menggunakannya. 

Bahkan sampai saat ini saya belum melirik template lain sebagai penggantinya. saya tetap setia dengan yang udah saya miliki. Tempalte viomags milik mas sugeng yang sangat ajaib.

Sekarang saya sudah beli domain, pakai template premium dan iklan sudah tayang di blog saya. Tentu hal  ini membuat kebanggan tersendiri. Dan bagaimana dengan penghasilan yang saya dapat ?

Dan ternyata dunia blogging tidak semanis apa yang saya bayangkan. Dengan tayangnya iklan di blog saya, ternyata itu tanda bahwa perang baru mau mulai. saya butuh trafik untuk bisa menghasilkan uang dari blog. 

Dan pengunjung yang ramai bukan perkara yang mudah untuk didapatkan. Tidak mungkin dengan cara instan. saya harus harus belajar lebih banyak lagi cara meningkatkan pengunjung blog.

Bagaimana caranya ?? 

Seperti biasa lagi, saya googling lagi dan mendapatkan beberapa informasi yang harus saya pelajari agar blog saya mendapatkan trafik yang semakin meningkat.

Apa saja hasil saya googling ? Yuk simak satu persatu…

Buat Artikel yang bermanfaat, berkualitas, menarik dan rutin

Muke gileeeee……

Syarat utama untuk bisa mendapatkan pengunjung blog yang pertama sangat berat. Bayangkan, tadinya saya asal ngetik aja apa yang saya ketahui kemudian publish ternyata bukanlah hal yang benar. saya harus memperhatikan isi postingan. Bermanfaat atau tidak. Berkualitas atau tidak. Dan yang paling berat adalah rutin membuat postingan. INI SUNGGUH TERLALU

saya belum bisa menerapkan ilmu diatas. saya jadi blogger apa adanya saja. Tapi pelan-pelan mulai memperhatikan apa yang saya posting. Jika belum memberikan manfaat yang banyak, setidaknya saya ambil salah satu poinnya. Misalnya postingan yang menarik.

Seperti apa postingan yang menarik ?

Banyak yang bisa kita pelajari. Misalnya warga +62 yang suka dengan cerita-cerita gosip, maka kita bisa membuatnya. Atau berita yang sedang viral, biasanya trafficnya lumayan juga. Dan saya ga mau pusing dengan itu semua, Oleh sebab itulah saya menambah kategori baru dalam blog ini. Yaitu Suka-Suka saya. Tujuannya adalah agar saya bisa nulis apa aja tanpa batasan atau terhalang oleh niche blog yang sempit. 

Walau sebagian blogger menyarankan untuk membuat fokus niche jika ingin mengembangkan blog. saya memiliki pemikiran yang berbeda dengan mereka. saya saat ini lebih fokus menulis apa yang ada dalam otak saya dan membagikannya. Ada yang baca ya syukur. Kalau ga ada ya syukurin…

Ngeblog rasanya kurang asik jika Belum Belajar SEO 

Bila sudah terlanjur masuk dalam dunia blogging, mau atau tidak kita harus berkenalan dengan yang satu ini. Minimal berkenalan dan belajar secara garis besarnya aja. Biar ga jadi bebas. Jika terlalu fokus belajar SEO malah membuat ragu dalam menulis. Benar atau belum dan banyak bahan pertimbangan yang menyebabkan malas untuk publish artikel yang telah dibuat.

saya cuma mengambil poin-poin tertentu saja dalam menerapkan seo untuk sebuah blog. Biar ga terlalu ribet dan mudah. OH iya, untuk teknik seo yang saya pakai udah saya buat pada postingan sebelumnya. Silahkan baca jika sobat mau mencobanya. Nie dia artikelnya : PENERAPAN SEO PADA BLOG

Dari berbagai teknik seo yang udah saya baca, akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa seo itu sangat penting jika ingin menjadi blogger. Tapi jangan terlalu berlebihan dalam mempelajarinya. Ambil poin pentingnya saja dan teruslah menulis. 

Dengan Seo, kita dapat membuat postingan agar tidak terlalu lebar dan fokus dengan pembahasan. Dalam artian, seo dapat menjadi benang merah.Mengarahkan apa yang harus kita bahas dalam sebuah postingan agar tidak terlalu lebar.

Dan artikel yang kalian baca ini saya buat tanpa adanya penerapan seo sama sekali. Karena saya nulis artikel ini untuk menghilangkan rasa jenuh saya. Karena saya tidak memiliki ide untuk menulis, maka saya nulis apa aja yang kemudian saya posting. Dan jadilah artikel ini. Dan artikel ini tanpa saya edit, mohon maaf jika berantakan…...

Terima kasih sudah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Kisah Ngeblog dan Berniat Menghasilkan Uang dari Adsense"