Langsung ke konten utama

Cara Menggunakan Gopay Yang Akan Mengubah Duniamu

cara-menggunakan-gopay

Hallo sobat…. Kali ini Blog Driver Online ingin membahas cara menggunakan gopay. Saya rasa, kamu sudah mengetahui apa itu gopay dan apa saja fungsinya. Bagi yang belum tau atau belum kenalan, kita bahas sedikit saja. Biar ga penasaran aja.

GoPay adalah uang elektronik yang terdapat dalam aplikasi gojek. Jika memiliki saldo yang cukup, kita bisa menggunakannya untuk banyak hal. 

Baik itu transaksi yang ada dalam aplikasi gojek bahkan bisa juga kita gunakan untuk pembayaran transaksi di luar aplikasi.

Untuk memanfaatkan transaksi secara maksimal, sebaiknya kamu upgrade akun gojek menjadi gopay plus. Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan. 

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video berikut ini :



Cara Menggunakan Gopay Untuk Berbagai Keperluan Sehari-hari

Sebelum melakukan transaksi menggunakan gopay, ada baiknya kamu melakukan pembuatan PIN terlebih dahulu. PIN ini akan melindungi saldo agar tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dan sebagian besar transaksi membutuhkan PIN untuk menjaga keamanan saldo. Saya sudah membuatkan postingan secara terpisah yang membahas tentang cara membuat PIN  Klik Disini Untuk Membacanya.

Gopay dapat kita gunakan untuk melakukan dua jenis transaksi yaitu yang ada dalam aplikasi gojek dan juga di luar aplikasi. Untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan menjadi dua bagian. 

Cara Menggunakan Gopay Dalam Aplikasi Gojek

Semua jenis transaksi yang ada dalam aplikasi gojek dapat kita bayar menggunakan gopay. Dan yang menariknya, jenis layanan gojek begitu banyak. Metode pembayaran juga sangat beragam. Mulai cash, paylater dan link Aja ataupun non tunai lainnya.

Untuk pemesanan gofood, go ride, go mart, go send, gocar dan layanan sejenisnya bisa pakai gopay. Caranya juga cukup mudah, cukup merubah metode pembayaran saat terakhir mau melakukan order. Atau bisa langsung di setting metode pembayarannya dengan menjadikan fitur ini sebagai metode pembayaran utama.

Salah satu contoh menggunakannya adalah saat melakukan pemesanan gofood. Untuk cara penggunaan saat pesan gofood dapat kamu lihat pada postingan ini : Cara Order Gofood atau bisa juga dilihat pada video ini


Sepertinya tidak perlu saya bahas satu persatu cara menggunakan gopay untuk melakukan transaksi utama dalam aplikasi gojek karena semua transaksi dapat kita lakukan dengan metode ini asalkan saldo mencukupi. 

Untuk mempermudah penggunaannya sebagai alat pembayaran, sebaiknya ubah setelan metode pembayaran. Gunakan sebagai alat pembayaran utama. Caranya dapat mengikuti tahapan berikut ini;

  1. Buka Aplikasi Gojek
  2. Pada halaman depan gojek, Pilih “Eksplor” yang ada pada pojok kanan atas
  3. Halaman berikutnya pilih “Lainnya” Kemudian Pilih “Pengaturan
  4. Di Halaman berikutnya, Klik “Atur metode pembayaran” 
  5. Kemudian “Swipe ke kiri” untuk menjadikannya metode pembayaran utama
  6. Selesai

Jika sudah di setting seperti ini, maka setiap transaksi akan menggunakan gopay sebagai alat pembayaran. Cara ini juga dapat kita gunakan untuk menonaktifkan Paylater jika kamu tidak ingin menggunakan paylater sebagai metode pembayaran saat melakukan order.

Salah satu fitur gojek yang sering saya gunakan adalah isi pulsa pakai gopay dan beli token listrik. Kadang suka dapat cashback ataupun diskon. Untuk cara isi pulsa pakai gopay dapat dibaca pada postingan sebelumnya. Silahkan baca DISINI.

Cara menggunakan gopay untuj membeli token listrik juga sudah dibahas pada postingan : 

Beli token Listrik Pakai Gopay

Cara Menggunakan Gopay Untuk Transaksi Di luar Aplikasi Gojek

Karena gopay adalah uang elektronik, berarti kamu bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi apapun selagi merchant tersebut memiliki akun gojek atau memang sudah menyediakan fitur pembayaran melalui metode ini.

Karena perkembangan zaman, metode transaksi semakin berkembang. Salah satunya adalah penggunaan gopay sebagai alat pembayaran yang bisa diterima. 

Apalagi untuk belanja online, jenis uang ektronik ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Baik itu karena banyak promo ataupun memang sudah menjadi pengguna tetap aplikasi gojek.

Belanja Online Dengan Gopay

Bagi pecinta online shop, metode pembayaran ini bukan hal yang asing lagi. Karena sudah menjadi hal yang wajib untuk toko online menyediakan gopay sebagai alat pembayaran. Ini merupakan bentuk layanan mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi. Oleh sebab itulah, sebagian besar toko online menyediakannya.

Saya rasa ini bukanlah hal yang sulit ya, tidak perlu dijelaskan dengan detail. Karena tinggal mengganti metode pembayaran yang ada dengan gopay kemudian mengikutinya sampai selesai. Jika ada yang kurang paham, cs toko online tersebut pasti dengan senang hati untuk menjelaskannya.

Tahapan ID sudah membuat contoh melakukan pembayaran tokopedia menggunakan gojek. 

Silahkan melaui postingan ini : Belanja di Tokopedia Pakai Gopay

Menggunakan Gopay Untuk Belanja Di Alfamart

Salah satu yang saya sukai adalah banyaknya merchant yang sudah bekerja sama dengan mereka. Termasuk minimarket. Salah satunya adalah alfamart. Kita bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran saat belanja di alfamart.

Cara menggunakan gopay  untuk bayar belanjaan di alfamart cukup mudah. Jangan lupa konfirmasi terlebih dahulu ke kasir. Bahwa kita ingin membayar belanjaan memakai gojek. Setelah konfirmasi dan kasir menyatakan bisa. tinggal ikuti tahapannya seperti berikut ini :

  • Buka Aplikasi Gojek
  • Klik “Bayar” pada halaman depan gojek
  • Kemudian Pilih "Pakai Kode" lalu masukkan "PIN Gopay"
  • Kamu akan menerima kode yang dapat di scan oleh pihak alfamart. Maksimal belanja sebesar 500 ribu jika menggunakan cara ini
  • Selesai

Cara Transfer Gopay Dan Tarik Tunai

Salah satu fitur yang hanya bisa dinikmati oleh pelanggan gojek yang sudah melakukan upgrade akun menjadi gopayplus. Pengguna gojek yang sudah upgrade dapat melakukan transfer ke sesama pengguna, melakukan penarikan ke rekening bank sekaligus bisa melakukan tarik tunai pada ATM BCA. Cukup membantu jika kita lupa bawa atm.

Misalnya saya bukan pengguna Bank BCA, tapi saya lupa membawa ATM. Saat membutuhkan uang cash, saya bisa menggunakan gopay untuk mendapatkan uang melalui ATM BCA. Dan menurut saya, ini sangat membantu.

Untuk cara melakukan penarikan melalui ATM BCA sudah saya buat postingan secara terpisah, silahkan baca pada postingan ini : 

Tarik Tunai Gopay Melaui ATM BCA 

Pencairan Kartu Prakerja Pakai Gopay

Bagi kamu yang sudah lolos mendaftar program pemerintah ini dan sudah mengikuti pelatihan. Akun gojek bisa digunakan untuk menerima dana bantuan sesuai dengan ketentuan program pra kerja. Jika ingin menggunakan gopay sebagai alat pencairan, sebaiknya pastikan dahulu syarat dan ketentuan berikut ini :

  1. Nomor akun Gojek harus sama dengan nomor Hp yang terdaftar pada Kartu Prakerja
  2. Akun gojek sudah menjadi GopayPlus, Jika belum silahkan upgrade terlebih dahulu. Caranya bisa kamu baca DISINI
  3. NIK  KTP saat upgrade akun Gojek Harus sama dengan NIK KTP saat daftar kartu PraKerja

Jika ketiga syarat diatas terpenuhi, kamu bisa menggunakannya untuk pencairan kartu prakerja. 

Caranya cukup mudah. Kamu tinggal pilih gopay sebagai pencairan. Setelah itu kamu tinggal masukkan nomor Hp yang akan dipakai untuk mencairkan intensif. Pastikan nomor hp aktif karena akan dikirim kode OTP. Masukkan kode OTP kemudian masukkan juga PIN. Jika berhasil, kamu sudah bisa menggunakannya untuk pencairan intensif kartu prakerja.

Jika menemui kendala saat ingin melakukan pencairan intensif kartu prakerja, bisa menghubungi Call Center Kartu Prakerja di 0800-150-3001.

Alasan Menggunakan Gopay 

Sebagai pengguna aplikasi gojek, tentu memiliki alasan tersendiri kenapa memakai gopay sebagai alat pembayaran. Kalau saya, sebenarnya bukan hanya fokus ke pemakaian saja. Tapi lebih ke aplikasi gojeknya sendiri. Tapi memang dipermudah oleh adanya fitur uang elektronik ini.

Berikut ini alasan suka menggunakan gopay daripada uang elektronik lainnya :

  1. Fitur aplikasi lengkap sehingga berfungsi dengan maksimal. Jadi tidak terlalu banyak install aplikasi. Saya biasa menggunakan gojek untuk isi pulsa, beli token listrik, bayar saat belanja online, pembayaran di alfamart, order gofood, go ride, go send dan sesekali untuk beli obat atau keperluan lainnya. Cocok banget untuk kamu yang lagi mager
  2. Merchant yang bekerja sama dengan gojek cukup banyak. Sehingga bisa digunakan dengan maksimal. Misalnya beli cemilan di resto-resto kecil. Sebagian besar mereka menerima gopay sebagai metode pembayaran. Sering banget menggunakan metode ini jika sedang ada diskon. Apalagi dulu untuk McDonald yang sering banget memberikan potongan harga saat akhir bulan. Kadang sampai 50% HA HA HA 
  3. Cara menggunakan gopay yang menarik lainnya adalah fitur tarik tunai. Kadang ada saja saat keluar rumah lupa bawa dompet. Saya bukan pengguna BCA, tapi bisa memanfaatkan ATM BCA untuk mengambil uang cash.
  4. Aplikasinya lebih enak untuk digunakan dan lebih kekinian. Banyak fitur bahkan ada cerita-cerita atau informasi yang bisa kita baca kalau lagi gabut. Iseng-iseng buka gojek dan ada aja hal yang seru untuk di lihat, Mungkin ini relatif ya, bisa jadi karena sudah terlalu sering menggunakan gojek
  5. Tidak ada hubungannya dengan gopay. Saya lebih suka gojek karena bisa menentukan tempat antar dan jemput pesanan sesuai dengan titik yang kita inginkan. Tidak geser-geser sendiri.
  6. Untuk yang lainnya, silahkan tambahkan di kolom komentar. Sesuai dengan pengalaman pribadi

Pada poin 3, saya sudah membuatkan postingan sendiri tentang cara melakukan tarik tunai melalui ATM BCA. Sobat bisa baca DISINI

Cara Top Up Gopay

menggunakan-gopay

Cara top up sangat mudah. Kita bisa menggunakan jasa driver gojek untuk mengisi saldo. Cara ini dapat kita lakukan saat sedang melakukan order. Baik itu go ride, gofood atau fitur lainnya.

Jika tidak sedang order, kita bisa melakukan top up melalui alfamart, Gerai ATM, mobile banking atau minta transfer saldo dari orang terdekat. Cocok banget kalau lagi bokek, alasan lagi ga bisa top up terus minta transfer saldo biar bisa order gofood.

Sama seperti sebelumnya, saya sudah membuat postingan secara terpisah tentang cara top up gopay. Ini posringannya : Cara top Up Gopay

Buat Pin Sebelum Menggunakan Gopay

Seperti saya singgung sebelumnya, sebaiknya buat pin untuk keamanan saldo. Jadi tidak semua orang bisa iseng menggunakannya. Bukan PIN saja yang penting, sekalian upgrade akun menjadi gopayplus. Dengan upgrade akun, bisa memanfaatkan gopay untuk semua jenis transaksi yang telah dibahas tadi.

Untuk yang belum upgrade akun, tidak semua fitur dapat digunakan. Misalnya transfer, bayar belanjaan di alfa atau tarik tunai melalui ATM BCA. Fitur ini bisa kita gunakan jika akun gojek sudah menjadi GopayPlus. 

Untuk upgrade akun, Baca disini aja

Terima kasih sudah membaca postingan cara menggunakan gopay, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar untuk memperbaiki postingan ini.

Postingan populer dari blog ini

Bayar Listrik Pakai Gopay Dan Cara Beli Token Listrik Di Gojek

Listrik merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar hidup tetap nyaman. Karena tanpa listrik berasa seperti zaman dulu. Gelap dan tentu saja banyak peralatan rumah tangga yang menjadi tidak berfungsi. Postingan kali ini akan membahas tentang cara bayar listrik pakai gopay sekaligus membahas bagaimana cara beli token listrik di gojek. Sebagai orang yang sibuk bekerja, kadang kita suka lupa mengecek apakan daya listrik masih cukup atau tidak. Tiba-tiba tengah malam kawah berbunyi tanda minta isi. Ini akan membuat kita repot dan langsung mencari penjual token. Atau bisa jadi karena sibuk bekerja menjadi lupa bayar tagihan listrik. Sedang asik kerja baru ingat bahwa belum membayar. Tidak mungkin akan meninggalkan pekerjaan hanya untuk membayar tagihan. Dalam keadaan seperti ini, manfaatkan saja fitur dari gojek untuk membayar tagihan. Keunggulan Bayar dan beli token listrik di Gojek Untuk pengguna gojek yang sudah lama tentu sudah memahami apa saja keuntungan yang didapatkan saat menggun

Cara Membuat PIN Gopay, Ubah PIN dan Solusi Lupa PIN Paling Lengkap

Salah satu metode pembayaran yang banyak disukai adalah menggunakan gopay . Karena dengan metode ini akan mendapatkan banyak tawaran yang menarik seperti promo ongkos kirim atau promo saat naik go ride. Selain itu, kita tidak usah repot menunggu uang kembalian jika pembayaran order menggunakan non tunai. Berbicara tentang gopay , kita harus mengamankan saldo yang terdapat pada aplikasi gojek agar tidak digunakan oleh tangan jahil. Caranya dengan membuat PIN GOPAY untuk menjaga keamanan saldo gopay. Postingan kali ini khusus akan membahas tentang cara membuat pin gopay. merubah pin dan menggantinya dengan yang baru jika kamu lupa PIN. PIN (Personal Identification Number) adalah kode rahasia untuk menjaga keamanan saldo gopay. Sama seperti PIN ATM, kita harus menjaga kerahasiaannya agar saldo tidak bisa digunakan oleh orang lain tanpa izin. Cara Membuat PIN Gopay Bagi pengguna baru, tentu harus membuat PIN agar akun aman dari tangan jahil. Seandainya ada akses akun dari perangkat lain, m

6 Cara Top Up Gopay Yang Harus Kamu Coba Bahkan Bisa Gratis

  Penggunaan aplikasi ojek online semakin populer. Salah satunya adalah Gojek yang merupakan aplikasi karya anak bangsa.  Dengan pemakaian yang semakin meningkat, metode pembayaran dalam aplikasi pun  semakin beragam. Salah satunya adalah  GoPay . Dan Artikel kali ini ingin membahas tentang cara top up gopay agar kamu tidak bingung saat kehabisan saldo. Gopay sendiri terbagi dua jenis yaitu untuk driver dan Customer atau pengguna gojek. Dan cara isi gopay yang akan kita bahas khusus untuk Customer atau pelanggan gojek. Untuk driver belum kita bahas karena saya menganggap hampir semua driver memahaminya. Gopay merupakan uang virtual yang dapat kamu gunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi pada aplikasi gojek. Dan untuk menggunakannya tentu harus kamu isi saldo terlebih dahulu. 6 Cara Top Up GoPay yang Paling Mudah  Untuk mempermudah pengguna aplikasi, pihak gojek menyediakan berbagai jenis isi saldo sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dan tenang saja, untuk kamu yang baru mengguna

Cara Tarik Tunai Gopay Di ATM BCA dan Transfer Rekening Bank

Sebagai pengguna aplikasi gojek tentu sudah tidak asing dengan istilah gopay . Jadi tidak perlu membahas secara detail lagi. Singkat saja, gopay adalah uang elektronik yang ada dalam aplikasi gojek dan bisa digunakan untuk membayar semua aktivitas dan transaksi yang ada di aplikasi gojek. Gopay bisa juga digunakan untuk transaksi yang ada diluar aplikasi. Misalnya untuk membayar saat belanja makanan, belanja di alfamart dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kali ini tidak akan membahas tentang penggunaannya. Kali ini kita akan membahas tentang cara tarik tunai gopay. Apalagi saat ini sedang banyak yang mencairkan uang kartu pra kerja melalui gojek. Sehingga saldo kadang menumpuk. Dan mungkin berniat mencairkannya menjadi uang cash. Kamu berada ditempat yang tepat karena Blog Driver Online akan membahas beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mencairkannya menjadi uang cash. Tapi, sebelum membahas tentang cara tarik tunai gopay, pastikan dulu bahwa akun gojek sudah di upgrade menjadi