Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Tentang Gopay, Pengguna Baru Gojek Harus Membaca Postingan ini !

Penjelasan Tentang Gopay

Bagi pengguna gojek, uang virtual ini bukanlah hal yang baru. Terutama untuk pengguna lama. Bagi pengguna baru atau wilayah yang baru masuk layanan gojek, mungkin masih ada yang belum mengetahuinya. Untuk itulah, postingan penjelasan tentang gopay ini akan membantu untuk memperkenalkan apa itu gopay dalam aplikasi gojek.

Apa itu Gopay

Pada aplikasi gojek, terdapat beberapa metode pembayaran yang dapat kita gunakan untuk melakukan pemesanan. Bisa dengan uang cash, pake gopay, pakai paylater ataupun pakai link aja.

Gopay adalah uang elektronik yang ada dalam aplikasi gojek. Saldo yang kita miliki bisa digunakan untuk semua jenis transaksi yang ada dalam aplikasi dan juga di luar aplikasi. Saldo gopay dapat diperoleh melalui top up.

Sampai disini, sudah paham kan apa itu gopay ? Singkatnya, gopay adalah saldo yang ada dalam aplikasi gojek. Bisa digunakan untuk melakukan pembayaran saat menggunakan layanan gojek.

Penjelasan Tentang Gopay Dan Kegunaannya

Saldo yang ada dalam aplikasi gojek bisa digunakan untuk memesan ojek online, pesan gocar, kirim paket, belanja, beli makanan, beli pulsa, beli token listrik, bayar PDAM, bayar SPP, bayar belanja online, bayar makanan di restoran yang sudah bekerja sama dengan gojek dan masih banyak fungsi dari uang elektronik ini.

Seiring berjalan waktu, kalian akan mengenali sendiri transaksi apa saja yang bisa kalian bayar menggunakan gopay. Layanan favorite saya adalah gofood. Jadi saya sering menggunakan gopay untuk pembayaran jenis layanan antar pesan makanan ini.

Jika penjelasan tentang gopay ini dibuat secara detail per setiap layanan gojek, mungkin akan menghabiskan banyak waktu. Bahkan artikel ini bisa mencapai ribuan kata. Sebagai perkenalan, kita bahas hal-hal yang penting saja.

Menjaga Keamanan Saldo Gopay

Sama seperti uang pada umumnya, gopay bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Akan banyak orang yang ingin menggunakan bahkan ada yang rela mencuri saldo yang ada di akun kamu. Untuk menjaga keamanannya, kamu harus membuat PIN gopay sebagai salah satu cara untuk melindungi saldo dari tangan-tangan jahil.

Untuk membuat PIN gopay, saya sudah membuat postingan tersendiri. Silahkan baca pada artikel berikut ini : Cara Membuat PIN Gopay

Selain dengan membuat PIN, jaga kerahasiaan kode OTP yang dikirim gojek. Kode ini biasanya didapatkan saat kamu login akun gojek, mengganti PIN atau kamu lupa PIN. Kode OTP berlaku hanya satu kali pemakaian. Jika akun kamu membutuhkan kode OTP, maka gojek akan mengirim kode baru ke nomor hp akun yang terdaftar.

Sekali lagi saya tegaskan, jangan pernah memberikan kode OTP kepada siapapun. Jika ada pihak yang mengaku dari gojek dan meminta kode OTP, jangan pernah kamu berikan karena sudah dipastikan orang tersebut ingin mengakses akun gojek kamu. Pihak gojek tidak pernah meminta kode OTP.

Satu lagi, jangan pernah mau menuruti permintaan orang yang tidak dikenal untuk menekan kode tertentu pada hp yang kamu miliki. Karena bisa saja kode tersebut digunakan untuk mencuri kode OTP gojek. Misalnya *31*nomorHP#. Kode ini adalah kode pengalihan panggilan dan bisa digunakan untuk mencuri kode OTP.

Cara Menggunakan Gopay

Untuk menggunakan gopay sebagai menu pembayaran utama. Kamu bisa mengubah metode pembayaran saat langkah terakhir saat kamu mau order layanan gojek. Atau bisa juga dengan menjadikan gopay sebagai alat pembayaran utama. Jika seperti ini, maka gopay akan selalu menjadi alat pembayaran saat kamu melakukan order asalkan saldo mencukupi.

Masih bingung ?
Berikut ini cara menjadikan gopay sebagai metode pembayaran utama :
  1. Buka aplikasi gojek dan pastikan dalam keadaan login
  2. Pada halaman utama, klik “eksplor” yang ada pada bagian kanan atas
  3. Pada halaman berikutnya pilih “pengaturan”
  4. Kemudian klik “ Atur Metode Pembayaran” kemudian pilih “gopay”
  5. Selesai
Jika sudah di atur seperti diatas, maka setiap kali order gojek maka secara otomatis akan menggunakan gopay. Asalkan ada saldonya. Jika saldo tidak mencukupi, silahkan top up terlebih dahulu atau ganti metode pembayaran menggunakan uang cash.

Banyak yang bisa dilakukan dengan saldo akun gojek, salah satunya ada untuk beli token listrik. Sangat bermanfaat saat membutuhkan pulsa listrik tengah malam. Saat kwh listrik mulai berteriak minta jatah. 

Kamu bisa menggunakan gopay untuk beli token listrik hanya dengan beberapa kali klik. Blog Driver Online sudah membuat postingan secara terpisah tentang cara membeli token listrik pakai gopay. 

Silahkan baca di artikel ini : 

Masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan gopay, nanti kami tambahkan secara bertahap.

Memaksimalkan Layanan Gopay

Bagi yang ingin mendapatkan layanan lebih atau mendapatkan tawaran khusus seperti promo, kamu lakukan upgrade akun gojek menjadi gopayplus. Saya sudah membuat postingan tersendiri tentang cara upgrade akun gojek.
Silahkan baca melalui postingan ini : Cara Upgrade Akun Gojek Menjadi Gopay Plus

Setelah berhasil upgrade akun gojek menjadi gopayplus, maka kamu bisa mengirim saldo gopay ke pengguna lain, tarik tunai gopay melalui ATM BCA, transfer gopay ke rekening bank, bayar belanjaan di Minimarket, belanja makanan langsung ke resto dan membayarnya pakai gopay dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu gunakan dan tidak bisa dimanfaatkan jika akun belum di upgrade.

Selain itu, dengan upgrade akun gojek, kamu bisa mendapatkan promo dan penawaran yang menarik sebagai pengguna gopayplus. Bahkan bisa berkesempatan untuk mendapatkan limit paylater.

Paylater merupakan salah satu layanan gojek. Dengan memanfaatkan paylater, kamu bisa memesan menggunakan layanan gojek dan membayarnya sekaligus pada setiap akhir bulan. Tidak semua pengguna gojek bisa menggunakan layanan paylater. Hanya pengguna lama gojek dan sering melakukan transaksi menggunakan gopay.

Terima kasih sudah membaca postingan penjelasan tentang gopay secara singkat sebagai perkenalan saat kamu baru menggunakan aplikasi gojek. Terima kasih sudah membaca.