Jenis Injeksi Beton Untuk Memperbaiki Kerusakan Beton

Jenis Injeksi Beton

Pada proyek konstruksi, beton sering mengalami kerusakan. Berbagai jenis cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Salah satu metode yang sering digunakan adalah injeksi beton.

Injeksi beton adalah proses memperbaiki kerusakan beton dengan cara memasukkan material ke dalamnya. Material dapat berupa semen, epoxy ataupun polyurethane. Ketiga jenis material injeksi inilah yang paling banyak digunakan. Proses penyuntikan dilakukan melalui nepel khusus sesuai dengan jenis injeksi beton yang digunakan.

Injeksi beton terbagi menjadi tiga yaitu injeksi semen, injeksi epoxy dan injeksi polyurethane. Perbedaan yang mencolok adalah dari jenis material yang digunakan. Namun, pada prosesnya, ketiga injeksi ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, kita bahas satu persatu.

INJEKSI SEMEN
Injeksi semen adalah cara memperbaiki beton bocor dengan cara memasukkan campuran semen melalui nepel. Proses penyuntikan material menggunakan tabung khusus. Tujuan penyuntikan adalah untuk mengisi celah kosong beton sekaligus menghentikan aliran air yang meresap kedalam beton.

Pekerjaan ini hanya dapat dilakukan oleh tenaga yang ahli dalam bidangnya. Tidak semua tukang bangunan paham dan bisa melakukannya dengan baik.

Beton yang diperbaiki dengan cara ini, biasanya berupa beton bocor, keropos ataupun sambungan beton.

INJEKSI EPOXY
Injeksi epoxy merupakan pekerjaan untuk memperbaiki beton retak dengan cara mengisi celah menggunakan material epoxy khusus. Penyuntikan dilakukan melalui nepel. Dengan sifat material yang sangat cair, metode ini memungkinkan mengisi celah retak dengan ukuran sangat kecil.

Material injeksi epoxy sangat kuat dan tidak menyusut. Sehingga sangat baik untuk mengisi area beton retak.

INJEKSI POLYURETHANE
Injeksi Polyurethane atau sering disebut injeksi PU sangat baik untuk mengatasi beton bocor dengan cepat. Dengan penggunaan nepel khusus, pekerjaan injeksi menjadi lebih cepat.

Material yang digunakan bersifat cair dan langsung mengembang dalam hitungan menit jika bertemu dengan air maupun udara. Material yang mengembang akan dengan cepat menghentikan aliran air yang meresap kedalam beton.

Ketiga jenis injeksi diatas dapat digunakan untuk memperbaiki beton bocor. Untuk menentukan jenis yang tepat, sebaiknya pelajari dahulu jenis kerusakan beton yang terjadi.

Untuk bisa melakukan pekerjaan injeksi, kita membutuhkan alat. Salah satunya adalah mesin injeksi. Sebagai bonus, saya merekomendasikan mesin injeksi PU. Mesin ini sangat efektif untuk digunakan. 

Selain sebagai mesin injeksi PU, alat ini bisa juga digunakan untuk melakukan pekerjaan injeksi epoxy. Tinggal atur saja tekanannya menjadi lebih rendah. Sesuai dengan kondisi nepel injeksi epoxy.

Berikut ini tampilan alat injeksi polyurethane sekaligus mesin injeksi epoxy.


Promo Mesin Injeksi Polyurethane

Info detail produk

  • CEK DETAIL PRODUK MESIN INJEKSI POLYURETHANE 
  • Selain Mesin Injeksi, Tahapan ID juga menjual berbagai produk spare part mesin injeksi dengan harga paling ekonomis. Kualitas barang tetap menjadi prioritas kami. Kami memberikan harga termurah karena Tahapan ID mendapatkan produk langsung dari distributor utama mesin injeksi. Tunggu apa lagi !!!! Manfaatkan kesempatan ini selagi produk masih tersedia

    LihatTutupKomentar