Langsung ke konten utama

Material Injeksi Epoxy dan Alat yang digunakan

Alat injeksi epoxy

Pada postingan sebelumnya sudah membahas tentang jenis injeksi beton. Sebagai kelanjutaƱya, kali ini saya ingin memperkenalkan salah satu material yang harus digunakan saat ingin melakukan pekerjaan ini. Tapi kita bahas satu persatu saja. Postingan kali ini khusus membahas alat dan material yang digunakan pada pekerjaan injeksi epoxy.

Nepel injeksi adalah material atau alat yang menghubungkan antara beton dan selang injeksi.melalui nepel inilah, material injeksi masuk kedalam beton. Setiap jenis injeksi, memiliki nepel yang berbeda-beda.

Bukan hanya nepel, material yang digunakan juga berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, kita bahas saja.

Alat dan Material INJEKSI EPOXY

Sesuai namanya, tentu saja material utama pekerjaan ini adalah epoxy. Dengan jenis epoxy khusus yang kuat, encer dan tidak menyusut sehingga sangat baik untuk dipakai untuk memperbaiki area beton retak.

Material yang paling banyak digunakan adalah Fosroc dan Sika. Kedua perusahaan inilah yang paling sering saya temukan untuk pekerjaan injeksi epoxy.

Produk sika yang digunakan untuk injeksi epoxy adalah sikadur 31 CF dan sikadur 752. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Sikadur 31 CF digunakan sebagai perekat nepel agar bisa menempel ke beton dengan kuat. Selain itu, material ini digunakan sebagai penutup retakan sekitar area yang dipasang nepel. Tujuannya adalah untuk mencegah material terbuang keluar retakan saat melakukan penyuntikan.

Sedangkan sikadur 752 menjadi material utama yang akan disuntikkan ke dalam beton. Sifat material yang sangat encer memungkinkan masuk kedalam beton melalui setiap celah retakan. Saat sudah setting, material ini sangat kuat dan tidak menyusut. Sangat bagus untuk mengisi setiap celah retak beton.

Baca : injeksi beton

Selain sika, ada juga Fosroc yang memproduksi material injeksi epoxy. Namanya nitobond EC sebagai perekat nepel sekaligus untuk menutup retakan. Dan yang menjadi material utamanya adalah conbextra ep 10 TG. 

Bagi yang ingin melakukan pekerjaan injeksi epoxy, bisa memilih salah satu dari kedua jenis material diatas. Selain material, injeksi epoxy membutuhkan nepel. Nepel yang banyak dipakai adalah nepel plastik yang dirancang khusus untuk pekerjaan ini. 

Bagi yang belum mengetahui bentuk nepel injeksi epoxy, berikut ini gambar salah satu jenis nepel yang banyak digunakan.

Alat Injeksi Epoxy

Selain nepel dan material, kita membutuhkan tabung injeksi khusu epoxy. Biasanya tabung ibi sering disebut tabung LPI ( low preasure injection). Tabung ini digunakan dengan tekanan rendah. 

Tabung memang dirancang khusus bertekanan rendah agar material epoxy dapat masuk kedalam beton secara perlahan sampai penuh. 

Untuk mendorong material dari tabung agar bisa mengalir ke dalam beton, kita membutuhkan kompresor sebagai alat pendorong. Angin dari kompresor inilah yang mendorong material masuk ke dalam beton.

Selain alat dan material di atas, sebaiknya siapkan alat pendukung pekerjaan ini. 

Berikut ini alat yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pekerjaan injeksi epoxy : mesin gerinda 4 inch dan mata potong beton, Selang waterpas, kape kecil, thinner, gelas ukur kecil, sarung tangan karet dan kain, kaca mata bening, palu, pahat, pisau cutter, sabun cuci, kain majun dan lain-lain sebagai alat kebersihan.

Semoga artikel tentang alat dan material injeksi epoxy ini bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial sobat. Terima kasih sudah membaca.

Postingan populer dari blog ini

Jenis Injeksi Beton Untuk Memperbaiki Kerusakan Beton

Pada proyek konstruksi, beton sering mengalami kerusakan. Berbagai jenis cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Salah satu metode yang sering digunakan adalah injeksi beton. Injeksi beton adalah proses memperbaiki kerusakan beton dengan cara memasukkan material ke dalamnya. Material dapat berupa semen, epoxy ataupun polyurethane. Ketiga jenis material injeksi inilah yang paling banyak digunakan. Proses penyuntikan dilakukan melalui nepel khusus sesuai dengan jenis injeksi beton yang digunakan. Injeksi beton terbagi menjadi tiga yaitu injeksi semen, injeksi epoxy dan injeksi polyurethane. Perbedaan yang mencolok adalah dari jenis material yang digunakan. Namun, pada prosesnya, ketiga injeksi ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, kita bahas satu persatu. INJEKSI SEMEN Injeksi semen adalah cara memperbaiki beton bocor dengan cara memasukkan campuran semen melalui nepel. Proses penyuntikan material menggunakan tabung khusus. Tujuan penyuntikan adalah untuk mengis