Apa itu Packer ? Fungsi dan Keunggulannya | Pembahasan Lengkap

Packer

Pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang alat yang digunakan pada pekerjaan injeksi polyurethane. Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah packer. 

Baca : Alat dan Material Pekerjaan Injeksi Beton

Karena alat yang satu ini sangat mempengaruhi pekerjaan injeksi PU sehingga begitu banyak yang tertarik kemudian menjadikannya pilihan dalam mengatasi masalah beton bocor.

Apa itu Packer ? Apa saja fungsinya ?

Packer sebenarnya sama saja dengan nepel injeksi. Tapi, nepel ini dilengkapi karet khusus sebagai pengikat nepel ke beton. Sehingga tidak memerlukan perekat tambahan. 


Tidak seperti nepel injeksi epoxy ataupun injeksi semen yang membutuhkan material tambahan agar bisa merekat kuat pada beton yang di injeksi.


Poin inilah yang menjadi keunggulan packer. Dengan satu poin ini sudah membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. 


Dengan penggunaan packer, kita tidak perlu menunggu perekat kering terlebih dahulu baru melakukan penyuntikan. Jadi, packer langsung bisa digunakan untuk melakukan penyuntikan setelah terpasang.


Fungsi utama packer adalah untuk menghubungkan beton dengan selang mesin injeksi. Melalui packer inilah material injeksi masuk ke dalam beton. 


Saya sudah merangkum beberapa keunggulan packer injeksi beton, mungkin salah satunya menjadi alasan anda menggunakan packer sebagai nepel injeksi bocor.

Mempercepat Pekerjaan Injeksi Beton

Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya, keunggulan utama packer adalah dari segi kecepatan pekerjaan. Karena packer tidak perlu menunggu waktu setelah dipasang, bisa langsung dilakukan penyuntikan material injeksi.


Dari segi finishing setelah penyuntikan, packer juga sangat unggul dan cepat. Karena kita hanya menambal lobang yang dibuat untuk memasang packer. Lobang yang dibuat hanya seukuran packer yaitu 8 mm atau 10 mm sesuai ukuran packer. 

Packer tidak Merusak Struktur Beton

Metode pemasangan packer hanya menggunakan bor. Lobang yang dibuat juga tidak besar, menyesuaikan dengan ukuran packer yaƬtu 10 mm dan 8 mm. Dengan kedalaman bisa disesuaikan dengan panjang packer.


Berbeda dengan injeksi semen. Dilakukan pembobokan beton untuk memasang nepel. Dengan keadaan seperti ini, tentu akan merusak struktur dan tampilan beton. Bukan itu saja, pekerjaan injeksi semen akan banyak menghabiskan waktu untuk pembobokan dan menunggu perekat nepel kering setelah dipasang.

Packer Mudah dilepas

Setelah penyuntikan selesai dan material sudah kering sempurna, nepel dengan mudah dilepaskan dari lobang injeksi. Cukup melonggarkan putaran packer, maka akan dengan mudah untuk melepasnya.


Setelah packer di ambil dari beton, bekas pemasangan nepel dapat ditambal dengan water plug atau semen dengan campuran pengeras.

Packer Injeksi Beton Mudah Didapatkan

Saking populer dan larisnya, saat ini packer sudah dijual bebas. Baik di toko kimia yang menjual polyurethane ataupun secara online. Pilihan yang kedua lebih mudah.


Saat ini, jenis nepel injeksi beton sudah terdapat di marketplace seperti tokopedia, lazada, blibli dan market place lainnya. Harganya Pun sangat bervariasi, dari 5.000 rupiah sampai dengan 9.000 rupiah.

Mesin injeksi Polyurethane Sangat Simple

Disini kita bahas packer, kenapa sampai merembet ke mesin-mesin dibahas ?


Tenang, dengan penggunaan packer sebagai nepel, berarti anda akan menggunakan mesin injeksi Polyurethane yang dirancang khusus. Imut, kecil dan yang terpenting, tidak perlu repot menyediakan tabung tambahan.


Mesin injeksi polyurethane ini sudah dilengkapi dengan tabung. Sehingga anda tidak perlu repot-repot mempersiapkannya.


Dengan ukuran yang sangat mini, sehingga memungkinkan alat ini bisa anda bawa hanya dengan motor. Pindah-pindah lokasi injeksi pun jadi berasa mudah. Cukup ditenteng dengan satu tangan saja. Bukan saja kecil, alat injeksi ini sangat ringan.


Berikut ini penampakannya….. 



Nagi yang tertarik untuk menggunakan mesin injeksi PU ataupun packer, anda tinggal beli di tokopedia atau marketplace lainnya. Tinggal anda banding-bandingkan harga saja. Pilih sesuai dengan kebutuhan.


Jangan lupa, jika beli mesin injeksi melalui marketplace, sebaiknya tanyakan dulu ke admin toko apakah stok tersedia atau tidak. Soalnya bisa aja barang dalam keadaan kosong karena produk ini sedang laris manis. Apalagi saat mendekati musim hujan. Pasti semakin diburu….


Oh iya, pastikan juga mesin injeksi beton yang anda beli sudah sesuai dengan jenis material yang akan digunakan. Jika menggunakan material PU satu komponen, anda bisa membeli mesin dengan satu tabung.


Jika menggunakan PU dua komponen, sebaiknya gunakan beli mesin yang memiliki dua tabung. Dan ada perbedaan harga antara keduanya. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan.


LihatTutupKomentar